Rancang Bangun Dynamic REST API untuk Memenuhi Kebutuhan Pemberian Data PT XYZ kepada Anak Perusahaan.

Andrew Siswanto, Elroy (2022) Rancang Bangun Dynamic REST API untuk Memenuhi Kebutuhan Pemberian Data PT XYZ kepada Anak Perusahaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan perbankan komersial. PT XYZ memiliki beberapa anak perusahaan. Dalam mendukung proses bisnisnya, anak perusahaan seringkali membutuhkan data yang dimiliki oleh PT XYZ. Dengan adanya kebutuhan tersebut, PT XYZ harus mengembangkan service API yang mampu melayani kebutuhan data dari beberapa anak perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan perancangan dan pembangunan service API dinamis yang mampu memberikan data sesuai permintaan masing-masing anak perusahaan PT XYZ. Service API pada penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan gaya arsitektural REST serta framework Spring dan query language GraphQL. Bahasa pemrograman Java digunakan dalam penelitian ini karena Java dapat dijalankan oleh berbagai sistem operasi. Framework Spring Boot digunakan dalam penelitian ini karena Spring Boot memiliki fitur auto configuration yang memudahkan pengembang dalam mengembangkan REST API berbasis Spring framework. Arsitektural REST digunakan dalam penelitian ini karena dapat memberikan fleksibilitas dalam menangani HTTP request, serta mengembalikan data dengan format yang beragam. GraphQL digunakan dalam penelitian ini karena memiliki fitur untuk membuat API yang dinamis. Penelitian ini menghasilkan empat buah service API yang saling terhubung untuk menjawab kebutuhan permintaan data oleh masing-masing anak perusahaan PT XYZ. Penelitian ini juga membuktikan bahwa penerapan multithreading mampu mengoptimalkan rata-rata performa kecepatan service API hingga 18.18% dibandingkan dengan tidak menerapkan multithreading.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Application Programming Interface, GraphQL, Java, REST, Spring Boot
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware
600 Technology (Applied Sciences) > 690 Construction of Buildings
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:39
Last Modified: 05 Jul 2023 06:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21804

Actions (login required)

View Item View Item