Penerapan IT Governance Menggunakan Framework COBIT 5 pada PT. XYZ (Persero)

Tinus, Drago (2022) Penerapan IT Governance Menggunakan Framework COBIT 5 pada PT. XYZ (Persero). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PT. XYZ (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dalam bidang asuransi & penjaminan serta capital market & investment. PT. XYZ (Persero) melakukan penilaian tata kelola teknologi informasi dengan tujuan memenuhi GCG (Good Corporate Governance) yang dimana tercantum melalui peraturan KBUMN (Kementerian Badan Usaha Milik Negara) PER-02/MBU/2013 & PER-03/MBU/02/2018. Pada peraturan PER- 02/MBU/2013 telah ditetapkan pada halaman 6 bagian 3.2. Sasaran bahwa "Target maturity level dari Tata Kelola TI BUMN dalam 5 tahun kedepan adalah minimal maturity level 3 sesuai dengan maturity level yang ditetapkan". PT. XYZ akan melakukan assesstment COBIT 5 kembali berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan assessor sebelumnya. Assesstment COBIT 5 akan dilakukan dengan target level 4 sehingga diharapkan mendapat nilai kematangan diatas 3 dan dapat memenuhi permintaan KBUMN (Kementrian Badan Usaha Milik Negara). Penilaian dilakukan dengan cara mengidentifikasi tujuan perushaan, pemetaan Enterprise Goals, pemetaan IT Related Goals, pemetaan dan penentuan domain process, melihat hasil temuan pengukuran tingkat kapabilitas COBIT 5 oleh Assessor sebelumnya, pengukuran tingkat kapabilitas proses EDM01, EDM02 dan EDM04, hasil dan analisa kesenjangan serta rekomendasi perbaikan. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan pada proses EDM01, EDM02 & EDM04 didapatkan hasil akhir dengan nilai akhir sebesar 97.08% sehingga mendapatkan Capability Level sebesar 3,88 dan memiliki kesenjangan sebesar 0,12 dari target yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: COBIT 5, EDM, PT. XYZ (Persero), Tata Kelola Teknologi Informasi, Tingkat Kapabilitas
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:39
Last Modified: 02 Aug 2023 05:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21812

Actions (login required)

View Item View Item