Lancaster, Lemuel (2022) Rancang Bangun Typing Game onKeys Berbasis Ritme Menggunakan Algoritma Hamming Distance. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (168kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Mengetik merupakan bagian terpenting dalam menggunakan sebuah komputer. Se- lain itu, mempunyai keterampilan mengetik yang cepat dan akurat dapat mem- berikan efek yang positif diantaranya, meningkatkan kualitas tulisan yang di- hasilkan, mengurangi kerja otak, berpikir dengan cepat dan pastinya mengurangi waktu yang digunakan untuk menyelesaikan suatu tulisan. Namun, berdasarkan data yang didapat dari Ratatype, rata-rata kecepatan mengetik seseorang adalah 41 kata per menit dengan rata-rata akurasi sebesar 92 persen. Maka dari itu, dibu- tuhkan aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan mengetik seseorang. Salah satu contoh aplikasi yang dapat digunakan adalah Typing Mas- ter dan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, didapatkan hasil yang positif bahwa aplikasi tersebut memang benar dapat meningkatkan keterampi- lan mengetik seseorang. Berdasarkan hasil tersebut, dibuatlah permainan yang da- pat melakukan hal yang sama, namun dengan aspek pendukung lainnya, pada kasus ini yaitu dengan adanya penggunaan musik. Pada penelitian ini, dilakukan per- ancangan pembuatan game mengetik berbasis ritme menggunakan algoritma Ham- ming Distance dengan harapan dapat meningkatkan kecepatan dan akurasi mengetik seseorang dengan bantuan game engine Unity. Berdasarkan hasil survei yang diper- oleh menggunakan metode GUESS-18, didapatkan tingkat kepuasan pemain sebe- sar 85.20833%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa segala aspek yang ada pada game mendapatkan tingkat kepuasan pemain dengan predikat sangat baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | GUESS-18, Hamming Distance, Rhythm Game, Typing |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++ |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:39 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 07:31 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21813 |
Actions (login required)
View Item |