Pengaruh Return on Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Reputasi Auditor, dan Umur Obligasi terhadap Peringkat Obligasi

Irawan, Agnes Christina (2022) Pengaruh Return on Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Reputasi Auditor, dan Umur Obligasi terhadap Peringkat Obligasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Peringkat obligasi penting karena mencerminkan sinyal dari kinerja perusahaan yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi investor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Return on Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), reputasi auditor, dan umur obligasi terhadap peringkat obligasi. Objek penelitian ini adalah perusahaan sektor non-keuangan yang menerbitkan obligasi dan telah diberikan peringkat oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO), serta terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan pengujian dilakukan dengan menggunakan metode regresi logistik ordinal. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 19 perusahaan non-keuangan yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini adalah (1) Return on asset (ROA) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap peringkat obligasi, (2) reputasi auditor memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap peringkat obligasi, (3) umur obligasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap peringkat obligasi, (4) Debt to Equity Ratio (DER) tidak memiliki pengaruh terhadap peringkat obligasi. Perusahaan dapat meningkatkan ROA dan menerbitkan obligasi dengan umur yang lebih pendek untuk mendapatkan peringkat obligasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan semakin tinggi ROA mengindikasikan bahwa perusahaan akan mampu membayar kupon dan pokok obligasi sehingga akan menurunkan risiko keuangan dan membuat peringkat obligasi tinggi. Selain itu, dengan umur obligasi yang pendek, perusahaan dapat memiliki daya prediksi yang tinggi terkait kondisi industri perusahaannya sehingga dapat menurunkan penilaian risiko industri dan menghasilkan peringkat obligasi yang tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: DER, peringkat obligasi, reputasi auditor, ROA, umur obligasi.
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 657 Accounting > 657.45 Auditing
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:41
Last Modified: 19 May 2023 03:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item