Wang, Nathasya (2022) Strategi dan Perencanaan Media Sosial TikTok Komunitas #TVLKTravelFriends dalam Membangun Awareness Tren Staycation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (288kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (277kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia menyebabkan banyak sektor terkena dampak, salah satunya sektor pariwisata. Salah satu sub-sektor pariwisata yang terkena dampak yaitu bisnis perhotelan. Para pelaku bisnis berusaha mencari cara agar tetap bertahan. Salah satu produk yang ditawarkan adalah staycation. Media sosial dianggap menjadi platform penting untuk promosi wisata. TikTok merupakan platform sosial media peringkat ke-4 yang paling banyak digunakan di Indonesia. Komunitas memiliki peranan yang penting dalam upaya untuk membangkitkan perekonomian terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Melihat peluang tersebut, Traveloka membentuk komunitas #TVLKTravelFriends dengan tujuan untuk menyebarkan awareness khalayak mengenai tren liburan staycation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa strategi dan perencanaan media sosial TikTok anggota komunitas #TVLKTravelFriends dalam membangun awareness mengenai tren staycation. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara secara mendalam kepada tiga anggota #TVLKTravelFriends, serta seorang praktisi pada bidang sosial media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa #TVLKTravelFriends menggunakan media sosial TikTok sebagai media promosi staycation kepada khalayak dengan usia kisaran 20-35 tahun yang gemar melakukan staycation. #TVLKTravelFriends menyampaikan pesan melalui jenis konten review hotel yang berisikan informasi mengenai hotel yang direkomendasikan untuk melakukan staycation. Kemudian evaluasi dilakukan dengan cara melihat jumlah likes, comment, share, dan save. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi perencanaan media sosial yang dilakukan oleh #TVLKTravelFriends telah sesuai dengan tahapan Social Media Marketing Strategy milik Tuten dan Solomon.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Social Media Marketing, Staycation, TikTok, #TVLKTravelFriends Strategi dan Perencanaan... , Nathasya Wang, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:41 |
Last Modified: | 13 May 2023 02:56 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21832 |
Actions (login required)
View Item |