Analisa Pengaruh Bank Size, Return on Assets, dan Loan Assets Ratio terhadap Capital Adequacy Ratio di Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021

Wijaya, Harris (2022) Analisa Pengaruh Bank Size, Return on Assets, dan Loan Assets Ratio terhadap Capital Adequacy Ratio di Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2021. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang diberikan Bank Size, Return on Assets, dan Loan Assets Ratio terhadap Capital Adequacy Ratio Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019 - 2021. Pada masa pandemi atau pada masa krisis ekonomi, capital adequacy ratio perlu diperhatikan baik oleh bank dan negara, karena capital adequacy ratio merupakan salah satu faktor pengukur keadaan bank dalam menghadapi resiko kerugian dan kebangkrutan. Penelitian ini terdapat 30 sampel penelitian yang merupakan perusahaan berbentuk Bank Umum, sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan dengan laporan keuangan yang sudah diaudit. Laporan keuangan yang digunakan diakses melalui website Bursa Efek Indonesia. Metode pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan metode regresi berganda. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah ketiga variabel yang terdiri dari Bank Size, Return on Assets, dan Loan Assets Ratio memberikan pengaruh secara simultan terhadap Capital Adequacy Ratio. Ketiga variabel tersebut memberikan pengaruh signifikan secara individual terhadap Capital Adequacy Ratio, namun hanya variabel Return on Assets yang memberikan pengaruh positif signifikan atau variabel Bank Size dan Loan Assets Ratio memberikan pengaruh negatif signifikan terhadap Capital Adequacy Ratio. Manfaat dari dilakukannya penelitian ini adalah bank dapat mengurangi investasi jangka panjang guna memperkecil resiko aset, meningkatkan layanan transaksi dan strategi fee based income untuk meningkatkan keuntungan bank, dan tidak berfokus pada pemberian kredit saja dalam pengembangan usaha, salah satu contoh yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan peningkatan biaya transaksi atau biaya administrasi..

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Capital Adequacy Ratio, Bank Size, Return on Assets, Loan Assets Ratio
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment)
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:41
Last Modified: 30 Jun 2023 07:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21833

Actions (login required)

View Item View Item