Perancangan 3D Virtual Reality Candi Borobudur

Paramita, Ita (2015) Perancangan 3D Virtual Reality Candi Borobudur. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (587kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Candi Borobudur adalah salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO milik Indonesia. Candi ini sangat megah dan kaya akan ornamen-ornamen yang unik, namun keindahannya sudah mulai memudar akibat kerusakan-kerusakan serius yang ada di bangunan Candi Borobudur. Jika keadaan ini dibiarkan terus menerus, mungkin keindahan Candi Borobudur tidak dapat dinikmati lagi oleh generasi berikutnya di masa depan. Oleh karena itu, penulis berupaya melestarikan keberadaan Candi Borobudur dengan merancang sebuah 3D virtual reality. Penulis berharap keberadaan 3D virtual reality Candi Borobudur dapat memungkinkan masyarakat luas untuk mendapatkan pengalaman mengeksplorasi Candi Borobudur secara nyata dalam melalui perangkat komputer atau gadget. Dalam laporan ini penulis akan secara khusus membahas pembuatan aset 3D yang efektif dan efisien, serta membahas pola interaksi yang sesuai untuk 3D virtual reality Candi Borobudur. Penulis mengacu kepada teori Bryson mengenai virtual reality, dan teori Meadows mengenai interaktivitas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Aug 2017 10:08
Last Modified: 13 Jun 2023 05:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item View Item