Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Nilai Perusahaan, dan Cash Holding terhadap Perataan Laba.

Rico, Rico (2022) Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Nilai Perusahaan, dan Cash Holding terhadap Perataan Laba. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, nilai perusahaan, dan cash holding terhadap perataan laba. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah perataan laba yang diproksikan dengan Indeks Eckel. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas diproksikan dengan net profit margin, ukuran perusahaan yang diproksikan dengan logaritma natural total aset, leverage yang diproksikan dengan debt to total asset, nilai perusahaan yang diproksikan dengan price to book value, dan cash holding. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar secara berturut-turut di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2017-2020. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI secara berturut-turut selama periode 2015-2020, menerbitkan laporan keuangan yang telah diaudit oleh auditor independen secara berturut-turut selama periode 2015-2020, mempublikasikan laporan keuangan yang berakhir 31 Desember secara berturut- turut selama periode 2015-2020, menerbitkan laporan keuangan dengan mata uang Rupiah secara berturut-turut selama periode 2015-2020, melaporkan laba positif secara berturut-turut selama periode 2015-2020, tidak melakukan share split atau reverse share split selama periode 2017-2020, dan tidak terkena suspensi dalam perdagangan saham oleh BEI secara berturut-turut selama periode 2017-2020. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) profitabilitas tidak berpengaruh terhadap perataan laba, (2) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap perataan laba, (3) leverage tidak berpengaruh terhadap perataan laba, (4) nilai perusahaan tidak berpengaruh terhadap perataan laba, (5) cash holding tidak berpengaruh negatif terhadap perataan laba, dan (6) profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, nilai perusahaan, dan cash holding secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perataan laba.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: cash holding, leverage, nilai perusahaan, perataan laba, profitabilitas, ukuran perusahaan.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:46
Last Modified: 23 May 2023 01:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21881

Actions (login required)

View Item View Item