Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menabung Generasi Milenial: Telaah pada Generasi Milenial di Jabodetabek

Budirahardjo, Jennifer (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Menabung Generasi Milenial: Telaah pada Generasi Milenial di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Selama masa pandemic covid-19, masyarakat Indonesia terlihat lebih memilih untuk menabung uangnya daripada membelanjakan uangnya. Hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah dana pihak ketiga atau simpanan pada bank umum yang terus mengalami peningkatan. Walaupun tren sedang menunjukkan masyarakat Indonesia tengah gemar menabung, namun masih diketemukan suatu generasi yang tingkat menabungnya masih rendah dan cenderung sulit untuk membiasakan diri pada menabung. Generasi yang dimaksud adalah generasi milenial. Terdapat beberapafaktor yang diduga dapat mempengaruhi perilaku menabung generasi milenial, faktor tersebut adalah financial literacy, parental socialization, peer influence, dan self- control, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah variabel-variabeltersebut berpengaruh terhadap perilaku menabung generasi milenial di jabodetabek. Dalam penelitian ini, digunakan uji regresi linear berganda menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial literacy dan parental socialization berpengaruh signifikan terhadap saving behavior, sedangkan peer influence tidak berpengaruh terhadap saving behavior. Oleh karena itu, meningkatkan literasi keuangan dan pengajaran dari orang tua mengenai hal keuangan berperan untuk dapat meningkatkan perilaku menabung generasi milenial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: saving behavior, financial literacy, parental socialization, peer influence, self-control, generasi milenial, tabungan
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment) > 332.2 Saving Banks
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:47
Last Modified: 09 Jun 2023 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21900

Actions (login required)

View Item View Item