Representasi Pria Metroseksual dalam Iklan "Somethinc Be You, Be Somethinc" di Instagram

Andrew, Andrew (2022) Representasi Pria Metroseksual dalam Iklan "Somethinc Be You, Be Somethinc" di Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)

Abstract

Iklan saat ini tidak hanya menjual sebuah produk saja, namun juga menjadi alat persuasi melalui representasi identitas dan gaya hidup tertentu. Melalui iklan, brand Somethinc bukan hanya mempromosikan serta menekankan produk terbarunya saja, yaitu COPY PASTE Breathable Cushion, namun juga menunjukkan representasi pria metroseksual. Iklan "Somethinc Be You, Be Somethinc" digunakan Somethinc sebagai agen persuasif, bukan hanya untuk sebuah produk, namun juga terhadap sebuah ideologi. Pria metroseksual sendiri digambarkan sebagai sosok pria dengan gaya hidup urban, pada umumnya tinggal dikota besar, dan peduli terhadap penampilan dan citra dirinya. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk menemukan representasi pria metroseksual dalam iklan produk kecantikan di media sosial. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes sebagai teknik analisis data. Melalui kunci utama Roland Barthes berupa tahapan denotasi dan konotasi untuk kemudian menemukan mitos yang terkandung dalam iklan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan pria metroseksual yang direpresentasikan sebagai pria urban yang peduli terhadap penampilan dan citra dirinya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pria Metroseksual, Representasi, Iklan, Semiotika Roland Barthes
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:48
Last Modified: 15 Apr 2023 01:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21914

Actions (login required)

View Item View Item