Implementasi Answer Set Programming pada Penjadwalan Tugas Misdinar (Studi Kasus: Gereja Santa Bernadet Paroki Ciledug)

Margery Eustacia, Clara (2022) Implementasi Answer Set Programming pada Penjadwalan Tugas Misdinar (Studi Kasus: Gereja Santa Bernadet Paroki Ciledug). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penjadwalan merupakan salah satu kegiatan dalam sehari-hari manusia yang hingga saat ini juga merupakan topik penelitian dalam ranah ilmu komputer. Dengan bantuan teknologi, proses yang kompleks seperti penjadwalan kini dapat dikomputasi sehingga suatu sistem dapat menghasilkan suatu jadwal secara otomatis. Dalam Gereja Katolik, putra-putri altar atau misdinar yang melayani misa atau ibadat di gereja perlu dijadwalkan supaya pelayanan dapat dilakukan secara teratur. Selama ini, Badan Pengurus Harian (BPH) misdinar Gereja Santa Bernadet Paroki Ciledug yang bertanggung jawab untuk membuat jadwal tugas menggunakan cara konvensional untuk menugaskan sekitar 60 misdinar dari 97 misdinar untuk melayani 6 misa yang diadakan setiap minggunya pada 2 tempat misa yang berbeda. Anggota BPH yang masih pelajar terkadang disibukkan dengan kegiatan sekolah sehingga kerap kali jadwal tugas terlambat terbuat. Untuk meringankan BPH misdinar, pada penelitian ini dilakukan implementasi Answer Set Programming (ASP) untuk menyelesaikan permasalahan penjadwalan tugas misdinar. Metode ASP dipilih karena sifatnya yang elaboration-tolerant yang diharapkan mudah beradaptasi dengan perubahan yang akan datang. Dengan spesifikasi processor AMD Ryzen 5 2600 3,40GHz dan memory sebesar 16 GB, sistem ASP yang dihasilkan pada penelitian ini mampu menghasilkan solusi jadwal tugas untuk 49 minggu dalam beberapa detik dan dengan peak memory sekitar 100 MiB. Dari wawancara yang dilakukan, BPH misdinar berpendapat bahwa solusi jadwal yang dihasilkan sudah cukup layak digunakan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa solusi hasil implementasi ASP yang dihasilkan pada penelitian ini cukup efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Answer Set Programming, misdinar, penjadwalan, penjadwalan tugas misdinar, putra-putri altar
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:52
Last Modified: 18 Aug 2023 05:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21958

Actions (login required)

View Item View Item