Perancangan Media Pembelajaran Batik Palembang untuk Wisatawan

Christie, Nadya (2022) Perancangan Media Pembelajaran Batik Palembang untuk Wisatawan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)

Abstract

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang telah diturunkan sejak pertengahan abad ke-18. Batik merupakan proses menghias kain dengan menggunakan teknik-teknik membatik. Batik Palembang unik karena dimana pada pembuatan batik Palembang kainnya dibentangkan dengan kencang lalu kemudian dibatik.Sayangnya sejak tahun 1950-an batik Palembang sudah berhenti produksi dikarenakan moderniasasi busana barat di Palembang. Hal ini sangat disayangkan karena batik telah diakui sebagai Warisan. Wisatawan-wisatawan Juga merasa takjub dengan proses pembuatan batik di Indonesia dan tidak jarang wisatawan wisatawan tersebut terlihat mengikuti kelas membatik. Selain itu sejak masuknya budaya barat ke indonesia, mengurangi awareness masyarakat untuk menggunakan busana batik untuk keseharian mereka karena batik dianggap jadul dan tua, Maka dari itu penulis ingin merancang media pembelajaran untuk memperkenalkan keunikan batik-batik dari Palembang khususnya wisatawan agar meningkatkan kesadaran dan mempertahankan rasa cinta masyarakat terhadap budaya batik Palembang, selain itu agar batik Palembang juga dapat menjadi salah satu oleh-oleh yang diminati dari Palembang dan merubah pandangan masyarakat mengenai batik yang jadul dan tua dengan menampilkan model'' batik yang bergaya modern dan milenial. Perancangan pada media pembelajaran batik Palembang bagi wisatawan ini akan menggunakan metode dari salah satu proses perancangan desain menurut Robin landa (2014) yang terdapat pada bukunya yaitu Graphic Design Solutions.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Batik Palembang, Cultural, Modern, Lifestyle, Website.
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
900 History and Geography > 910 Geography and Travel > 910 Geography and Travel, Tourism
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:53
Last Modified: 31 Aug 2023 01:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21976

Actions (login required)

View Item View Item