Penerapan Citizen Journalism dan Proses Gatekeeping di @abouttng

Cahyaningrum, Siti Asyifa (2022) Penerapan Citizen Journalism dan Proses Gatekeeping di @abouttng. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)

Abstract

Media massa merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat di era digital saat ini. Dengan kehadiran berbagai teknologi baru semakin mempermudah masyarakat untuk mengakses berita lewat berbagai macam cara. Internet merupakan salah satu buah dari perkembangan digital yang terjadi. Melalui internet, masyarakat bukan hanya dapat mengakses berita dari satu negara saja, melainkan dari seluruh belahan dunia secara praktis dan mudah. Seiring perkembangan internet di era new media memunculkan jurnalisme warga atau citizen journalism. Kehadiran citizen journalism membuat fenomena baru di mana jika sebelumnya berita biasa dimaknai hanya sebatas peristiwa yang dilaporkan melalui media massa, kini berita menemukan makna tersendiri lewat citizen journalism (Puji A et al., 2019). Akun Instagram @abouttng merupakan salah satu media lokal yang menerapkan citizen journalism dalam redaksinya. Peneliti ingin melihat bagaimana @abouttng memanfaatkan kehadiran citizen journalism dalam redaksi mereka serta bagaimana mereka mengolah informasi dari masyarakat dengan proses gatekeeping. Setelah melaksanakan penelitian, peneliti menemukan hasil bahwa konsep citizen journalism di dalam redaksi @abouttng sangat diterapkan dengan fakta 80% informasi yang diunggah oleh @abouttng didapatkan dari citizen journalists. Proses gatekeeping di @abouttng juga berlangsung secara konsisten dengan standar yang didasari oleh etika jurnalistik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Citizen Journalism, Hyperlocal Media, Gatekeeping
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:54
Last Modified: 14 Jun 2023 07:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21985

Actions (login required)

View Item View Item