Perancangan Gamifikasi sebagai Pendukung Pembelajaran Mata Kuliah Machine Learning Menggunakan Metode Octalysis Framework

Brata, Andreas Yogi (2022) Perancangan Gamifikasi sebagai Pendukung Pembelajaran Mata Kuliah Machine Learning Menggunakan Metode Octalysis Framework. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (786kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Machine learning merupakan sebuah studi yang memberikan kemampuan komputer untuk belajar tanpa perlu diprogram secara eksplisit. Machine learning sendiri sering digunakan untuk mengolah data yang sangat banyak. Manusia tidak bisa memproses data yang sangat banyak dengan cepat. Maka dari itu dibutuhkan machine learning untuk membantu manusia dalam mengolah data yang sangat banyak tersebut. Dengan adanya manfaat tersebut, ilmu machine learning ini sudah seharusnya diturunkan kepada generasi sekarang ini, sehingga data di masa depan dapat dimanfaatkan dengan baik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membantu mahasiswa yang sedang mempelajari mengenai machine learning dengan cara membuat aplikasi gamifikasi dengan platform Android. Aplikasi gamifikasi akan dibuat dengan menggunakan octalysis framework sehingga tidak hanya berfokus untuk memberikan ilmu, tetapi juga memperhatikan faktor minat dari mahasiswa yang menggunakan aplikasi gamifikasi. Aplikasi yang telah dibangun pada penelitian ini nantinya akan melalui proses pegujian untuk melihat tingkat penerimaan teknologi baru yang dilakukan kepada mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara yang sedang mengambil mata kuliah machine learning. Kemudian setelah berhasil merancang aplikasi gamifikasi, hasil dari aplikasi yang telah berhasil dirancang dan dibangun tersebut akan dievaluasi dengan menggunakan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Model (UTAUT). Dari penelitian ini, hasil dari evaluasi tersebut menghasilkan angka persentase rata-rata sebesar 86.77% yang menyatakan sangat setuju bahwa gamifikasi dengan menggunakan octalysis framework pada ilmu machine learning melalui platform Android dapat diterima dengan sangat baik oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Gamifikasi, Machine Learning, Octalysis Framework
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.3 Artificial Intelligence, Machine Learning, Pattern Recognition, Data Mining
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:54
Last Modified: 08 Jul 2023 02:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/21991

Actions (login required)

View Item View Item