Indrasari, Theresia Melinda (2022) Hubungan Incidental News Exposure dan News Finds Me Perception dengan Social Media News Engagement Khalayak DKI Jakarta tentang Berita Pandemi COVID-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (828kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (253kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Media sosial merupakan platform yang banyak dirujuk masyarakat untuk memperoleh berita seputar pandemi. Di sisi lain, media arus utama juga mulai memanfaatkan media sosial sebagai sarana distribusi berita guna meningkatkan keterbacaan. Kondisi ini memperbesar potensi terjadinya incidental news exposure oleh khalayak. Sayangnya, tak semua berita yang ditemukan secara incidental sukses meraih keterlibatan (engagement) dari khalayak. Padahal, penelitian terdahulu menyebutkan bahwa engagement berperan memediasi dampak yang diharapkan dari incidental news exposure. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya menjelaskan hubungan incidental news exposure dan news finds me perception dengan social media news engagement khalayak DKI Jakarta tentang berita pandemi COVID-19. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif eksplanasi dan metode survei. Peneliti mengambil sampel 405 responden dengan teknik quota sampling (non-probability sampling) dari populasi penduduk DKI Jakarta berusia 2034 tahun. Data hasil survei dianalisis dengan uji korelasi berganda di SPSS untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara variabel incidental news exposure, news finds me perception dan social media news engagement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa incidental news exposure dan news finds me perception secara simultan memiliki korelasi sedang dengan social media news engagement khalayak pada berita pandemi COVID-19. Hanya sedikit perubahan dalam variabel social media news engagement yang dapat dijelaskan oleh adanya variasi dari variabel incidental news exposure dan news finds me perception. Di sisi lain, social media news engagement secara spesifik berkorelasi lebih besar dengan variabel incidental news exposure dibanding dengan news finds me perception.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | berita COVID-19, incidental news exposure, media sosial, news finds me perception, social media news engagement |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, and physiological drives |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:56 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 07:44 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22007 |
Actions (login required)
View Item |