Akses Individu Autistik pada Level Requiring Support Pemuda Autisme Indonesia terhadap Informasi Gerakan 3M

Cheung, Caroline (2022) Akses Individu Autistik pada Level Requiring Support Pemuda Autisme Indonesia terhadap Informasi Gerakan 3M. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Individu autistik pada level requiring support (neurodivergent) adalah orang dengan fungsi neurokognitif yang cara kerjanya berbeda dari kisaran "normal". Hal ini berdampak ke cara berpikir dan memproses informasi mereka. Maka, dalam situasi pandemi COVID-19, Pemerintah Indonesia harus berperan sebagai pihak utama yang coba memenuhi kebutuhan spesifik akan akses mereka lewat perancangan kampanye informasi gerakan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan) yang sesuai di media digital. Maka, penelitian bertujuan mengetahui bagaimana akses individu autistik pada level requiring support Pemuda Autisme Indonesia terhadap informasi gerakan 3M dan mengapa akses demikian terjadi. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan memakai metode studi kasus lewat wawancara, dokumentasi, dan simpanan rekaman. Hasilnya, ditemukan akses mereka terhadap informasi gerakan 3M belum sepenuhnya accessible meskipun mereka telah menunjukkankeinginan mengakses informasi terkait, sebab dari segi regulasi, Pemerintah Indonesia belum merancangkampanye yang fokus menyasar mereka, padahal mereka berekspektasi mendapatkan informasi yang jelas. Maka, PAI (Pemuda Autisme Indonesia) hadir untuk mengadvokasi kebutuhan tersebut, selain itu mereka punya preferensi bentuk dan konten media digital saat mengakses informasi. Sebagai solusi, bisa dibuat kampanye informasi gerakan 3M dengan modifikasi teknologi atau teknologi tambahan. Kesimpulannya, akses mereka terhadap informasi gerakan 3M belum sepenuhnya accessible akibat disabilitas digital dan bisa dijelaskan dari lima kategori untuk memahami akses di media digital, yaitu segi regulasi, penggunaan, bentuk, konten, dan pengalaman.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Akses informasi, gerakan 3M, individu autistik, Pemuda Autisme Indonesia
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:01
Last Modified: 17 Apr 2023 00:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22074

Actions (login required)

View Item View Item