Perbedaan Citra Destinasi Danau Toba melalui Emotional Storytelling Video The Heartbeat of Toba berdasarkan Generasi dan Jenis Kelamin

Christiano, Titus (2022) Perbedaan Citra Destinasi Danau Toba melalui Emotional Storytelling Video The Heartbeat of Toba berdasarkan Generasi dan Jenis Kelamin. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Oleh: Titus Christiano Kemajuan sektor pariwisata Indonesia sebagai salah satu komoditas primadona negara ditunjukkan melalui kampanye bertajuk Wonderful Indonesia. Meskipun sempat terhambat pandemi Covid-19, aktivitas komunikasi pemasaran pariwisata Indonesia tetap gencar dilakukan melalui video promosi bernuansa emosional. Emotional storytelling adalah alat yang efektif untuk mengomunikasikan suatu pesan dan dapat memengaruhi citra. Citra destinasi merupakan kepercayaan dalam diri wisatawan mengenai produk atau pelayanan wisata. Citra destinasi yang terbentuk tentu berbeda dari satu orang dengan yang lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji perbedaan citra destinasi Danau Toba yang ditimbulkan oleh unsur emotional storytelling video The Heartbeat of Toba berdasarkan segmentasi jenis kelamin dan generasi. Penelitian kuantitatif eksplanatif ini menggunakan metode Pra-experiment dengan One-shot Case Study Design. Eksperimen dilakukan terhadap 60 orang responden yang dikelompokkan menjadi 3 generasi dan 2 jenis kelamin. Sampel ditarik dengan teknik convenience sampling dan hipotesis diuji menggunakan uji beda Mann-Whitney U dan Kruskal-Wallis. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada setiap generasi. Namun, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara responden dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Emotional storytelling; citra destinasi; segmentasi; pariwisata.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:06
Last Modified: 17 Apr 2023 01:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22139

Actions (login required)

View Item View Item