Erp Evaluation with Ueq Method and Website Design with Chatbot Feature (Case Study: PT Asuransi Jiwa Manulife)

Agung, Ryan (2022) Erp Evaluation with Ueq Method and Website Design with Chatbot Feature (Case Study: PT Asuransi Jiwa Manulife). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengunaan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) pada perusahaan mengenah ke atas sudah menjadi hal yang umum, terutama untuk perusahaan internasional. Sumber daya perusahaan internasional yang besar menjadi salah satu faktor pengunaan sistem ERP. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia adalah salah satu contoh perusahaan internasional yang menggunakan ERP berbasis Cloud, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia menggunakan Cloud ERP dari perusahaan Infor yaitu Infor CloudSuite, salah satu sistem Cloud ERP yang dipakai bernama MiPOS yaitu sistem untuk membuat proposal asuransi. Permasalahan utama adalah bagaimana pengalaman pengguna sistem MiPOS selama memakai sistem tersebut, karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk melakukan evaluasi User Experience sistem MiPOS menggunakan metode User Experience Questionnarie (UEQ) dan wawancara. UEQ merupakan framework penilaian User Experience yang lengkap menangkap kesan seseorang terhadap suatu sistem, UEQ memiliki 6 poin utama dengan 26 kriteria penilaian sebagai pengukurnya. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan dua cara, cara pertama adalah menyebarkan kuesioner secara online untuk mendapatkan data kuantitatif, cara kedua adalah melakukan wawancara untuk mendapatkan data kualitatif. Hasildari penelitian ini adalah skor variabel Perspicuity memiliki nilai terendah yaitu -0,379 yang masuk ke kategori netral. variabel Perspicuity menjadi pengembangan solusi untuk membuat website Frequently Asked Questions (FAQ) dengan fitur chatbot.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Cloud ERP, Chatbot, Enterprise Resource Planning (ERP), User Experience Questionnarie (UEQ), Website.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:07
Last Modified: 04 Jul 2023 01:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22152

Actions (login required)

View Item View Item