Analisis Jaringan Komunikasi pada Treasure Maker di Twitter dalam Aktivitas Fanwar sebagai Bentuk Fanatisme

Limbara, Paolim Gita (2022) Analisis Jaringan Komunikasi pada Treasure Maker di Twitter dalam Aktivitas Fanwar sebagai Bentuk Fanatisme. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan K-Pop di Indonesia sudah bukan hal asing lagi, K-Pop menjadi salah satu budaya dari Korea Selatan yang memiliki banyak peminat di dunia termasuk di Indonesia. Twitter digunakan oleh penggemar K-Pop untuk melakukan berbagai aktivitasnya di mulai dari berinteraksi dengan sesama penggemar sampai melakukan fanwar. Dalam penelitian ini digunakan teori penularan (contagion theory) dan beberapa konsep, seperti branding, loyalitas, fandom, fanatisme, fanwar, media sosial, dan Twitter. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan paradigma post-positivistik, serta menggunakan metode Social Netwok Analysis dan wawancara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penularan dalam jaringan komunikasi di antara sesama anggota fandom dalam keterlibatan fanwar oleh Treasure Maker di Twitter. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam hasil analisis jaringan komunikasi tidak ditemukan kepadatan interaksi dan komunikasi juga berjalan satu arah meskipun terlihat dalam jaringan bahwa jarak di antara penggemar pendek, di mana pesan berjalan secara bebas di antara anggota fandom saat fanwar terjadi dan mereka membahas topik yang serupa. Kemudian berdasarkan hasil wawancara dengan anggota Treasure Maker secara langsung, terlihat bahwa penularan dalam jaringan komunikasi memang ada dan mereka rasakan meskipun alasan lain mereka terlibat dalam fanwar adalah karena rasa cinta mereka terhadap Treasure yang merupakan bentuk fanatisme mereka sebagai seorang penggemar. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode studi kasus untuk mempelajari lebih dalam mengenai penularan di media sosial ketika terjadi fanwar di antara penggemar atau juga dapat melakukan penelitian lebih dalam lagi dengan kejadian yang masih hangat agar bisa mendapatkan data yang lebih banyak dan aktual.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: fandom, fanatisme, fanwar, Social Network Analysis, teori penularan
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:09
Last Modified: 28 Apr 2023 00:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22171

Actions (login required)

View Item View Item