Analisis Sentimen terhadap Komentar Pelecehan Seksual di Perguruan Tinggi Pada Empat Media Sosial Populer

Phoan, Vinson (2022) Analisis Sentimen terhadap Komentar Pelecehan Seksual di Perguruan Tinggi Pada Empat Media Sosial Populer. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelecehan seksual merupakan tindakan seksual yang berupa verbal dan nonverbal yang dilakukan secara sengaja dan adanya indikasi pemaksaan terhadap korban. Sering kali korban mengurungkan niatnya untuk tidak melapor atau bercerita karena korban takut terjadi hal yang tidak di inginkan kedepannya. Untuk mengetahui informasi yang berguna bagi penyintas dan penelitian pada penelitian ini, akan melakukan sentimen analisis terhadap komentar pelecehan seksual yang berkaitan dengan UMN. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dilakukan analisis sentimen terhadap komentar pelecehan seksual di perguruan tinggi pada empat media sosial populer yang bertujuan untuk mengukur tanggapan netizen dari setiap sosial media terhadap kasus pelecehan seksual di sekitar lingkungan UMN serta mengukur performa dari penggunaan SVM dengan menggunakan metode framework CRISP-DM, FastText, dan algoritma SVM untuk mengidentifikasi sebuah komentar terhadap pelecehan seksual yang berkaitan dengan UMN. Hasil Dari penelitian ini dengan menggunakan model yang berakurasi 55,14% dan data pelecehan seksual yang di kumpulkan dari tanggal 25 Juni 2021 hingga 7 Desember 2022 dengan jumlah 287 data yang didapatkan dari situs Twitter, Instagram, Medium, dan Line Today. Sentimen positif merupakan sentimen yang paling sedikit ditemukan dari keseluruhan data yang hanya sebesar 8,7% sedangkan sentimen negatif mendapatkan sebesar 36,6%. Dari ke-empat platform yang terbaik yaitu platform Twitter karena mendapatkan respon cukup baik dari segi sentimen positif dan netral ditimbang lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Natural Language Processing, Pelecehan Seksual, Sentimen Analisis, Sosial Media, Text Mining
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:09
Last Modified: 03 Aug 2023 02:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22178

Actions (login required)

View Item View Item