Pengaruh Daya Tarik Emosional Pesan Iklan Batik Kultur terhadap Brand Image

Verentika, Novelia (2022) Pengaruh Daya Tarik Emosional Pesan Iklan Batik Kultur terhadap Brand Image. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan daya tarik emosional menjadi salah satu strategi komunikasi pemasaran yang banyak digunakan oleh pengiklan dalam membangun brand image, salah satu nya adalah brand Batik Kultur melalui pesan iklan bertajuk "Behind the Seams". Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh daya tarik emosional pesan terhadap brand image. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Models, yang menjelaskan proses penerimaan pesan persuasive individu. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah daya tarik emosional dan brand image. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan metode eksperimen dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner online. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna internet aktif di pulau Jawa dengan total sampel 82 responden yang belum pernah melihat iklan Batik Kultur bertajuk "Behind the Seams". Pengumpulan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dan pengujian hipotesis mengunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh daya tarik emosional pesan iklan terhadap brand image Batik Kultur, yakni sebesar 40.2%. Dapat disimpulkan, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh daya tarik emosional pesan iklan "Behind the Seams" meliputi, daya tarik perasaan hangat warmth yang meliputi perasaan suka, gembira, nyaman, dan cinta, daya tarik perasaan bersalah/ guilt meliputi perasaan empati, dan perasaan bangga/ pride terhadap brand image.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Daya tarik emosional, Brand image, Elaboration Likelihood Models, Video Iklan "Behind the Seams"
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:11
Last Modified: 12 May 2023 03:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22200

Actions (login required)

View Item View Item