Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intention to Use Dompet Digital: Telaah pada Dompet Digital Doku

Daniel, Daniel (2022) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intention to Use Dompet Digital: Telaah pada Dompet Digital Doku. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan internet dan teknologi pada zaman sekarang telah mempengaruhi kehidupan masyarakat di Indonesia. Salah satunya adalah perkembangan teknologi pada bagian keuangan atau disebut financial technology dimana dengan adanya financial technology membawa perubahan pada kebiasaan masyarakat melakukan pembayaran. Perubahan kebiasaan berupa pembayaran yang dulunya menggunakan uang tunai sekarang telah ada metode pembayaran baru yaitu pembayaran non-tunai. Pembayaran non-tunai ini dapat dilakukan dengan memiliki dompet digital. Doku merupakan salah satu dompet digital yang telah ada di Indonesia. Namun Doku masih memiliki jumlah pengguna yang sedikit di masyarakat Indonesia, sehingga peneliti ingin mengetahui apakah Culture, Perceived Security, Performance Expectancy, Effort Expectancy, dan Social Influence, memiliki pengaruh terhadap Intention to Use telaah pada dompet digital Doku. Penelitian ini menggunakan 5 hipotesis yang akan diuji, dan pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner dengan teknik sampling Judgemental sampling dengan kriteria responden adalah seseorang yang berusia 17 tahun keatas, yang mengetahui serta pernah menggunakan dompet digital Doku sebagai opsipembayaran, namun dompet digital Doku bukanlah dompet digital utama untuk digunakan ketika melakukan transaksi pembayaran. Pengolahan data dilakukan dengan metode Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software IBM SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hubungan positif Culture, Perceived Security, Social Influence terhadap Intention to Use. Namun variabel Performance Expectancy dan Effort Expectancy tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada penelitian ini. Sehingga dari hasil penelitian ini menyarankan perusahaan untuk berfokus pada variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Intention to Use dompet digital Doku.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Culture, Perceived Security, Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Intention to Use
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 306 Culture and Institutions (Incl. Specific Aspects of Culture)
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:13
Last Modified: 21 Jun 2023 05:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22226

Actions (login required)

View Item View Item