Produksi Karya Perangkat Seluler Eejo: Episode 25-36

Stefani Elizabeth Priyono, Grace (2022) Produksi Karya Perangkat Seluler Eejo: Episode 25-36. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)

Abstract

Indonesia dikenal sebagai negara berjuta budaya dan beribu pulau. Kementerian kelautan dan perikanan menyebutkan Indonesia memiliki 16.056 pulau. Banyaknya pulau dan budaya membuat Indonesia memiliki peluang pada sektor pariwisata yang cukup tinggi. Terbukti pada 2015, sektor pariwisata menyumbang devisa sebanyak Rp 169 triliun, hal ini membuat sektor pariwisata berada pada peringkat keempat memberikan devisa kepada negara. Dilansir dari website Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, saat ini Pemerintah sedang mendorong Pariwisata berkelanjutan. Hal ini selaras dengan point Sustainable Development (SDG) ke sebelas yaitu sustainable cities and communities. Yogyakarta, salah satu contoh kota yang memiliki tempat pariwisata berkelanjutan. Beberapa desa yang berada di Yogyakarta telah menjadi tempat pariwisata berkelanjutan. Namun sangat disayangkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masih sangat kurang. Di era digital ini tidak heran jika terjadi penyebaran informasi yang begitu cepat dan luas. Berdasarkan data yang didapatkan, konten traveling masuk dalam kategori lima konten teratas yang sering di tonton di Instagram. Berangkat dari permasalahan ini, penulis dan tim mencoba merancang sebuah peliputan dengan metode mobile journalism, berbentuk video vertikal dengan menyuguhkan tayangan edukasi dan hiburan kepada masyarakat. Tayangan ini bertujuan untuk memberikan informasi serta mengedukasi masyarakat mengenai sebuah tempat wisata berkelanjutan. Dengan mengangkat poin SDG ke sebelas, penulis dan tim akan membawa audiens pergi ke destinasi wisata berkelanjutan untuk melihat lebih dalam kegiatan sosial yang terjadi dalam desa tersebut. Program ini akan dikemas dalam bentuk tayangan instagram tv dengan total durasi 60 menit.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: mobile journalism, pariwisata berkelanjutan, traveling.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.5 Management of Production
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:13
Last Modified: 20 Jun 2023 02:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22236

Actions (login required)

View Item View Item