Strategi Manajemen Isu dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan Ritel & Distribusi: Studi Kasus iBox Indonesia di Mal Senayan City

Saraswati, Nyoman Aubinia (2022) Strategi Manajemen Isu dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan Ritel & Distribusi: Studi Kasus iBox Indonesia di Mal Senayan City. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Isu terkait iBox Indonesia muncul pada tahun 2020 setelah video dari seorang content creator TikTok @julio.ioio menjadi viral di dunia maya. Isu menyangkut pelayanan buruk yang didapatkan Julio karena penampilannya bersandal jepit saat mengujungi gerai iBox. Kejadian ini dikhawatirkan akan mempengaruhi reputasi PT Erajaya Swasembada, Tbk selaku induk perusahaan iBox Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi manajemen isu PT Erajaya Swasembada, Tbk dalam mempertahankan reputasi perusahaan terkait video tersebut. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui, wawancara terstruktur bersama dua orang partisipan dan dua orang informan, observasi non partisipan, serta dokumentasi pendukung. Hasil penelitian menunjukkan PT Erajaya Swasembada, Tbk menerapkan manajemen isu strategis dimulai dengan tahap media monitoring, FGD, dan pengumpulan opini. Kemudian dilakukan proses analisis dan tahap respon perubahan isu melalui adaptive change strategy. Program penanganan isu terbagi menjadi program pelayanan dan marketing, namun evaluasi tidak dapat dilakukan secara sistematis berhubungan Corporate Communication tidak melibatkan diri dan tidak menggaet banyak pihak eksternal. PT Erajaya Swasembada, Tbk menunjukkan program manajemen isu strategis berfokus pada kualitas pelayanan kepada konsumen. Perusahaan ingin memelihara reputasi dan kepercayaan publik bahwa mereka serius dalam menangani isu yang terjadi demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Corporate Communication, iBox Indonesia, PT Erajaya Swasembada Tbk, Strategi Manajemen Isu, TikTok
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:13
Last Modified: 10 May 2023 00:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22237

Actions (login required)

View Item View Item