Saraswati, Nyoman Aubinia (2022) Strategi Manajemen Isu dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan Ritel & Distribusi: Studi Kasus iBox Indonesia di Mal Senayan City. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (159kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (128kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Isu terkait iBox Indonesia muncul pada tahun 2020 setelah video dari seorang content creator TikTok @julio.ioio menjadi viral di dunia maya. Isu menyangkut pelayanan buruk yang didapatkan Julio karena penampilannya bersandal jepit saat mengujungi gerai iBox. Kejadian ini dikhawatirkan akan mempengaruhi reputasi PT Erajaya Swasembada, Tbk selaku induk perusahaan iBox Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi manajemen isu PT Erajaya Swasembada, Tbk dalam mempertahankan reputasi perusahaan terkait video tersebut. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui, wawancara terstruktur bersama dua orang partisipan dan dua orang informan, observasi non partisipan, serta dokumentasi pendukung. Hasil penelitian menunjukkan PT Erajaya Swasembada, Tbk menerapkan manajemen isu strategis dimulai dengan tahap media monitoring, FGD, dan pengumpulan opini. Kemudian dilakukan proses analisis dan tahap respon perubahan isu melalui adaptive change strategy. Program penanganan isu terbagi menjadi program pelayanan dan marketing, namun evaluasi tidak dapat dilakukan secara sistematis berhubungan Corporate Communication tidak melibatkan diri dan tidak menggaet banyak pihak eksternal. PT Erajaya Swasembada, Tbk menunjukkan program manajemen isu strategis berfokus pada kualitas pelayanan kepada konsumen. Perusahaan ingin memelihara reputasi dan kepercayaan publik bahwa mereka serius dalam menangani isu yang terjadi demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Corporate Communication, iBox Indonesia, PT Erajaya Swasembada Tbk, Strategi Manajemen Isu, TikTok |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:13 |
Last Modified: | 10 May 2023 01:00 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22238 |
Actions (login required)
View Item |