Analisis Manajemen Krisis Kementerian Perdagangan dalam Menangani Kasus Kelangkaan Minyak Goreng

Imanuela, Eunice (2022) Analisis Manajemen Krisis Kementerian Perdagangan dalam Menangani Kasus Kelangkaan Minyak Goreng. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)

Abstract

Manusia memiliki kebutuhan primer yang perlu dipenuhi, salah satunya adalah kebutuhan pangan. Maka dari itu, jika terjadi kelangkaan pangan, masyarakat tentu akan berharap cemas dan berharap penuh kepada kebijakan pemerintah. Salah satu jenis pangan yang banyak digunakan masyarakat umum maupun pedagang adalah minyak goreng. Pada akhir tahun 2021, masyarakat mengeluhkan kelangkaan minyak goreng dan kenaikan harga minyak goreng di seluruh daerah Indonesia. Keadaan krisis minyak goreng ini berlangsung hingga beberapa bulan dan memuncak pada bulan Maret 2022. Maka dari itu, tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen krisis Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam menangani kasus kelangkaan minyak goreng ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Situational Crisis Communication Theory (SCCT) yang dikemukakan oleh Timothy W. Coombs serta menganalisis berdasarkan konsep 5 tahap manajemen krisis yang dikemukakan oleh Ian I. Mitroff. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi manajemen krisis Kementerian Perdagangan dilakukan memanfaatkan berbagai media seperti media sosial, media konvensional, dan media massa serta menjalankan program kerja nyata kepada masyarakat. Selain itu, sikap cepat tanggap dan responsif sangat mendukung keberhasilan proses manajemen krisis di Kementerian Perdagangan. Berdasarkan teori SCCT, Kementerian Perdagangan cenderung menggunakan rebuild strategy untuk menangani krisis ini. Meski demikian, alangkah lebih baik jika Kementerian Perdagangan aktif mengunggah informasi di seluruh platform media sosial yang dimiliki sehingga tidak hanya fokus kepada satu platform saja, serta dalam merencanakan strategi krisis, alangkah lebih baik jika cakupan analisisnya lebih luas dan beberapa strategi harus dilakukan terus-menerus.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kelangkaan Minyak Goreng Sawit, Kementerian Perdagangan, Manajemen Krisis, Teori Komunikasi Krisis Situasional
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:14
Last Modified: 27 Apr 2023 00:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22242

Actions (login required)

View Item View Item