Analisis Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi Domain Service Operation dengan Framework ITIL Versi 3 PT XYZ

Fero Jaya Nugroho, Alfonsus (2022) Analisis Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi Domain Service Operation dengan Framework ITIL Versi 3 PT XYZ. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)

Abstract

Perkembangan zaman serta perkembangan teknologi informasi (TI) semakin pesat diseluruh dunia, sehingga dapat dimanfaatkan oleh seluruh sektor bisnis untuk mempermudah mencapai tujuan suatu bisnis, teknologi tersebut yang biasa disebut sistem dapat mempermudah pekerjaan manusia yang biasanya dikerjakan secara normal, saat ini semua menjadi terkomputerisasi atau tersistem sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan, tidak dapat dipungkiri juga sistem dapat melakukan kesalahan, kesalahan tersebut berupa error, bug, virus atau kelalaian manusia sendiri yang menyebabkan kerusakan pada sistem dan perangkat keras (hardware). Didalam sektor bisnis sistem ini diperlukan untuk mempermudah berbagi informasi atau data terhadap sesama pekerja, tidak hanya sistem tetapi ada juga hardware yang harus dikelola, hardware tersebut menjadi sebuah aset perusahaan atau organisasi yang dapat menjalankan sistem tersebut diperusahaan. Perusahaan membutuhkan tata kelola teknologi informasi atau biasa disebut IT Governance, IT governance merupakan sebuah framework untuk menjamin pengelolaan teknologi informasi pada setiap perusahaan atau organisasi untuk mendukung strategi bisnis suatu enterprise, pihak organisasi maupun perusahaan juga berhak untuk menetapkan standarisasinya menggunakan Information Technology Infrastruktur Library (ITIL), ITIL sendiri memiliki 5 domain, salah satunya yaitu domain service operation, berfokus pada bagian operasi harian diperusahaan atau organisasi untuk mempertahankan layanan teknologi informasi agar dapat terus bekerja setiap waktu di bidang incident management dan helpdesk. Metode Analisis data yaitu menggunakan perhitungan gap analisis dan juga perhitungan maturity level untuk mengetahui seberapa matang tata kelola teknologi informasi pada perusahaan dan juga dapat mengetahui perbandingan kinerja sesungguhnya dengan kinerja yang diharapkan. Berdasarkan hasil analisis PT Xyz mencapai level Standard Comply untuk divis helpdesk dikarenakan hasil evaluasi berdasarkan tabel ITIL Self Assessment sudah memenuhi Level 3.5 (Quality Control), sedangkan untuk incident management PT Xyz mencapai level Not Comply dikarenakan hasil evaluasi berdasarkan tabel ITIL Self Assessment belum memenuhi sampai level 3 (Products).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: IT Governance, IT Helpdesk, ITIL v3, Service Operation, Tata Kelola, Teknologi Informasi.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:14
Last Modified: 07 Aug 2023 06:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22252

Actions (login required)

View Item View Item