Pengalaman Bermain Game Online Dota 2 terhadap Kualitas Berpikir Kreatif dan Kritis

Novaren Wijaya, Kevin (2022) Pengalaman Bermain Game Online Dota 2 terhadap Kualitas Berpikir Kreatif dan Kritis. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dota 2 merupakan Online games atau gim daring untuk kegiatan hiburan yang banyak orang lakukan di era digital khususnya di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Banyak orang bermain online games untuk mengisi waktu dan ada juga yang menjadikannya sebagai sumber pendapatan (menjadi pro player). Tidak jarang masyarakat memiliki stigma negatif terkait gim daring yang padahal memiliki segudang manfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman bermain game Dota 2 pada kualitas berpikir kreatif dan kritis. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif, dan paradigma interpretif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data fenomenologi Husserl, Perolehandata dari penelitian ini didapat melalui wawancara mendalam kepada enam partisipan. Berdasarkan hasil wawancara dari penelitian ini menunjukkan bahwa, player Dota 2 berinteraksi satu sama lain dan mengasah cara berpikir kreatif. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan setiap skenario yang berbeda dari gim Dota 2, player secara tidak langsung melatih cara berpikirnya menjadi lebih tanggap, sigap, dan kritis. Bukan hanya itu,dengan kompleksitas tinggi lewat gim ini juga membuat player melatih leadership, team work, dan attention to detail yang dapat diimplementasikandalam menempuh karir maupun kehidupan sehari ­ hari.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pengalaman, Dota 2, Berpikir, Kreatif, Kritis
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:15
Last Modified: 28 Apr 2023 06:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22257

Actions (login required)

View Item View Item