Perancangan media interaktif cerita rakyat “si rusa dan si kelomang”

Livia, Florentina (2015) Perancangan media interaktif cerita rakyat “si rusa dan si kelomang”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (642kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Anak-anak pada masa sekarang sering kali lebih mengenal game dibandingkan dengan cerita rakyat. Hal ini dikarenakan anak-anak lebih sering menggunakan aplikasi pada gadget dibanding membaca buku. Sehingga cerita rakyat yang pada umumnya masih menggunakan media buku cetak kurang diminati oleh anak dan mulai dilupakan. Untuk membuat cerita rakyat menjadi lebih menarik maka penulis akan membuat sebuah cerita rakyat dengan menggunakan metode interaktif. Cerita rakyat ini kelak dapat dibuka dengan komputer maupun gadget. Laporan tugas akhir ini dibatasi dalam ruang lingkup animasi dan ide visual untuk anak-anak. Cerita rakyat yang penulis angkat dalam pembuatan media interaktif ini adalah “Si Rusa dan Si Kelomang”. Tujuan yang ingin dicapai dengan membuat media interaktif adalah untuk membudayakan cerita rakyat kepada anakanak sehingga dimasa mendatang cerita rakyat tidak dilupakan oleh generasi muda. Karena cerita rakyat merupakan warisan budaya. Pada laporan ini penulis mengacu kepada teori yang dibuat oleh Barfield mengenai desain new media. New media yang dimaksud dalam laporan ini adalah aplikasi yang dapat dibuka dengan menggunakan gadget dan komputer dengan media flash yang dapat menampilkan cerita secara interaktif dan mengandung unsur animasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 390 Customs, etiquette and folklore > 398 Folklore
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2017 07:00
Last Modified: 31 Jan 2023 08:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2234

Actions (login required)

View Item View Item