Michelle, Michelle (2022) Pembentukan City Branding melalui Media Sosial (Studi Kasus pada akun Instagram @plusjakarta). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (273kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (207kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
Abstract
Dengan adanya begitu banyak jumlah kota di Indonesia maupun di luar negeri, untuk menjadi salah satu tujuan wisata dan dapat dikenal oleh publik, maka perlu dilakukan city branding. Kota Jakarta merupakan salah satu kota yang membangun city branding dengan memanfaatkan Instagram sebagai kanal utama. City branding Kota Jakarta itu sendiri tertuang ke dalam sebuah wadah penggerak semangat kolaborasi antara seluruh elemen Kota Jakarta yang telah diresmikan oleh pemerintah. Penjenamaan Kota Jakarta yang dimaksud yakni +Jakarta. Penelitian ini diadakan dengan tujuan yaitu untuk menganalisa strategi +Jakarta dalam membangun city branding Kota Jakarta melalui media sosial Instagram dan mengetahui dampak dari penerapan city branding tersebut terhadap city image yang ingin diwujudkan. Dari judul dan tujuan penelitian tersebut, maka peneliti menggunakan konsep komponen city branding oleh Anholt (2009) dan karakteristik new media oleh Lister et al. (2009). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsif dengan metode studi kasus, di mana data primer diperoleh melalui wawancara yang dilakukan terhadap dua informan utama dan dua informan. Setelah menganalisa hasil temuan penelitian, dapat dilihat bahwa komponen city branding yang paling menonjol dari Kota Jakarta yaitu 1) komponen the presence yang ditandai dengan keberadaan Jakarta sebagai Provinsi dan Ibu Kota Negara; 2) komponen the potentials di mana Jakarta memiliki banyak hal menguntungkan yang dapat ditawarkan kepada wisatawan maupun stakeholders lainnya; 3) komponen the pulse karena Jakarta merupakan miniatur Indonesia, pusat keberagaman, serta pusat perekonomian; dan 4) komponen the prerequisite dikarenakan pembangunan infrastrtuktur Kota Jakarta berkembang pesat. Selain itu, +Jakarta memanfaatkan fitur dan fungsi Instagram secara optimal guna memperoleh city branding yang dapat menguntungkan bagi Kota Jakarta, sehingga city image yang ingin disampaikan tertanam di benak publik. City branding yang dilakukan oleh +Jakarta juga dapat dikatakan mampu memperbaiki citra yang negatif atau rusak menjadi citra yang positif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | City Branding, New Media, City Image, Instagram, +Jakarta |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:22 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 02:21 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22345 |
Actions (login required)
View Item |