Tamzidillah, Muhammad Zukhruf (2022) Siniar E-Sports Vaganza: Ancaman Kesehatan Bagi Atlet E-Sports di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (899kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (378kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (161kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan pemberitaan olahraga, khususnya e-Sports mulai dilirik khalayak di Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari keikutsertaan tim e-Sports Indonesia di ajang SEA Games 2019 serta dijadikannya olahraga elektronik ini cabang olahraga prestasi di Indonesia. Dalam e-Sports, ada beberapa turnamen yang merebut titel bergengsi dan hadiah uang. Dari turnamen tersebut, atlet e-Sports diharuskan untuk berlatih keras agar mendapatkan hadiah uang dan titel bergengsi tersebut. Namun, terlalu besarnya antusias atlet e-Sports terhadap turnamen tersebut menimbulkan beberapa masalah yang serius. Waktu latihan yang bisa lebih dari 12 jam menimbulkan masalah-masalah kesehatan, seperti kecanduan, kerusakan pada mata, kegemukan, dan lain sebagainya. Dampak dari waktu latihan yang lama terlihat dari beberapa atlet e-Sports di luar negeri yang terpaksa harus pensiun dini di umur masih sangat muda karena masalah kesehatan. Di Indonesia, penulis hanya menemukan sedikit kasus tentang kesehatan pemain yang tidak baik akibat waktu latihan yang lama, padahal ancaman kesehatannya cukup berbahaya. Keanehan ini membuat penulis ingin mencari lebih dalam tentang ancaman kesehatan terhadap atlet e-Sports, khususnya atlet e-Sports di Indonesia. Penulis hendak memproduksi sebuah karya jurnalistik berbasis audio podcast yang membahas waktu latihan lama berdampak kepada kesehatan atlet e-Sports. Karya ini mengundang narasumber yang ahli dari berbagai bidangnya, yaitu atlet e-Sports, dokter spesialis mata, dan dokter spesialis saraf. Karya podcast atau siniar ini berdurasi 90 menit (1 episode) yang dibagi menjadi tiga part atau bagian. Karya tersebut diproduksi menjadi siniar dengan judul kanal E-Sports Vaganza dan berkelompok dengan Albert Tanuwijaya. Dengan judul E-Sports Vaganza, siniar ini diharapkan dapat membuka wawasan baru mengenai e-Sports terlepas dari segala hal yang terjadi di depan kamera. Siniar E-Sports Vaganza ini masuk ke klaster Programming-Based Project.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | e-sports, kesehatan, atlet e-Sports, waktu latihan, siniar Kluster Karya: programming-based project |
Subjects: | 300 Social Sciences > 340 Law > 344 Labor, Social Service, Public Health, Safety Measures > 344.04 Public Health |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:23 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 00:41 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22351 |
Actions (login required)
View Item |