Penerapan Jurnalisme Bencana Pemberitaan Gempa Bumi dan Tsunami: Analisis Isi Berita TribunJabar.id dan Pojoksatu.id

Gary Himawan, Enrico (2022) Penerapan Jurnalisme Bencana Pemberitaan Gempa Bumi dan Tsunami: Analisis Isi Berita TribunJabar.id dan Pojoksatu.id. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai negara kepulauan yang terletak di antara lempeng tektonik di wilayah seismic gaps, Indonesia merupakan negara yang rawan bencana. Hasil riset dari Tim Riset ITB yang dipublikasikan pada 2020 menyatakan bahwa Pulau Jawa berpotensi diguncang gempa bumi megathrust yang juga dapat menyebabkan tsunami, terutama pada wilayah selatan Jawa. Salah satu daerah yang berpotensi terdampak bencana tersebut adalah Jawa Barat sehingga wilayah tersebut juga peneliti jadikan objek penelitian. Kehadiran media lokal yang dapat memberitakan informasi mengenai potensi-potensi bencana seperti gempa bumi dan tsunami sangat diperlukan. Pemberitaan di media lokal harus memiliki tingkat kualitas berita yang baik agar dapat menunjang kebutuhan masyarakat Jawa Barat akan informasi yang akurat, kredibel, dan terpercaya. Subjek penelitian ini adalah dua media lokal dari Jawa Barat yang terdaftar resmi dalam situs Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Konsep utama penelitian ini adalah jurnalisme bencana. Sebab, tujuan penelitian ini adalah menjabarkan dengan jelas bagaimana kualitasberita terkait bencana gempa dan tsunami yang diberitakan di media-media lokal Jawa Barat, khususnya TribunJabar.id dan Pojoksatu.id dalam sudut pandang konsep jurnalisme bencana. Penelitian ini merupakan penelitian berjeniskuantitatif dan bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi terhadap total 405 sampel berita dari dua media lokal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Gempa bumi, Tsunami, Jurnalisme Bencana, Media Lokal
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:23
Last Modified: 16 Jun 2023 02:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22361

Actions (login required)

View Item View Item