Rancang Bangun Adventure Role Playing Game dengan Procedural Content Generation menggunakan Algoritma Perlin Noise

Andrian, Raul (2022) Rancang Bangun Adventure Role Playing Game dengan Procedural Content Generation menggunakan Algoritma Perlin Noise. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam menghasilkan sebuah konten video game yang berkualitas bukanlah sesuatu hal yang mudah. Pada proses pembuatan konten game tersebut akan membutuhkan banyak sekali sumber daya, waktu yang lama dan biaya yang mahal. Masalah terse- but dapat diatasi dengan menerapkan metode Procedural Content Generation atau PCG untuk menciptakan konten game dengan menggunakan suatu algoritma ter- tentu tanpa harus membuatnya secara manual. Pada penelitian ini menggunakan al- goritma Perlin Noise untuk membuat suatu map dalam game yang dibangun. Peneli- tian ini dibuat dengan tujuan untuk merancang dan membangun game Adventure RPG menggunakan algoritma Perlin Noise, serta mengukur tingkat kepuasan pe- main terhadap game yang telah dibuat. Game engine yang dipakai dalam proses pembuatan game ini adalah Unity Engine 3D versi 2019 dengan bahasa pemrogra- man C# pada platform windows. Setelah proses pembuatan game selesai akan di- lanjutkan dengan melakukan suatu pengujian dengan menggunakan metode Game User Experience Satisfaction Scales 18 (GUESS-18) yang menyediakan 18 per- tanyaan untuk mengukur seberapa besar tingkat kepuasan pemain terhadap game yang dibangun dengan PCG. Berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan, didapatkan hasil akhir dengan nilai sebesar 81,85 % yang menunjukan bahwa game yang telah berhasil dibangun masuk ke dalam kategori predikat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Map, Role Playing Game, Procedural Content Generation, Perlin Noise, Game User Experience Satisfaction Scales
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:25
Last Modified: 22 Aug 2023 01:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22376

Actions (login required)

View Item View Item