Persepsi dan representasi soft masculinity sebagai bentuk konstruksi sosial di Indonesia

Sekar Sari Purnomo, Ruth (2022) Persepsi dan representasi soft masculinity sebagai bentuk konstruksi sosial di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)

Abstract

Masuknya budaya asing dari Korea Selatan atau yang disebut dengan hallyu merupakan dampak dari globalisasi tidak dapat terhindarkan atau terprediksi. Hal ini sejalan dengan kecanggihan teknologi yang membuat akses ke berbagai belahan dunia mudah didapati oleh masyarakat. Sebagai contoh Korean pop, Korean drama, makanan, hingga bahasa. Pengaruh dari budaya tersebut mempengaruhi persepsi dan representasi yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, terutama pandangan maskulinitas Korea Selatan yang diidentifikasikan sebagai karisma yang halus, kesucian dan tata krama yang baik. Dimana dalam hasil penelitian didapatkan bahwa adanya persepsi keterbukaan masyarakat Indonesia, dengan anggapan bahwa maskulinitas dapat direpresentasikan sesuai dengan keinginan masing-masing individu, sehingga tidak terdapat tapal batas yang menghambat seseorang untuk lebih ekspresif. Sehingga representasi dari soft masculinity sendiri sudah lumrah ditemui di Indonesia, baik itu di lingkungan keluarga, pertemanan, pekerjaan ataupun internet. Sebagai saran akademis untuk penelitian selanjutnya adalah menemukan korelasi dari strategi marketing berkembangnya kebudayaan Korea Selatan di Indonesia. Untuk saran praktis diharapkan adalah masyarakat lebih menyadari dan menerima adanya konstruksi sosial soft masculinity sebagai salah satu bentuk dari perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Konstruksi sosial, soft masculinity, boy band Korea Selatan
Subjects: 900 History and Geography > 910 Geography and Travel > 912 Graphic Representations of Surface of Earth and of Extraterrestrial Worlds
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:27
Last Modified: 10 May 2023 03:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22409

Actions (login required)

View Item View Item