Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Mental Post Traumatic Stress Disorder Menggunakan Metode Forward Chaining

Rizky Zaldi, Mochamad (2022) Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Mental Post Traumatic Stress Disorder Menggunakan Metode Forward Chaining. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)

Abstract

Dalam menjalani kehidupan sebagai manusia dilalui dengan berbagai macam peristiwa. Ketika mengalami peristiwa tidak menyenangkan dapat seseorang mengalami trauma. Semakin berat trauma yang dialami dan dibiarkan tanpa penanganan, dapat berkembang menjadi gangguan mental post traumatic stress disorder (PTSD). PTSD adalah gangguan yang berkembang pada seseorang karena mengalami peristiwa yang mengejutkan, menakutkan, atau berbahaya. Permasalahan saat ini masih minimnya pengetahuan masyarakat terhadap kesehatan mental sehingga mereka tidak mengetahui gejala apa yang telah dialami dan sudah seberapa jauh efek yang sudah terjadi akibat gangguan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah membuat sistem pakar untuk melakukan diagnosa awal gangguan PTSD. Dalam pembuatan sistem digunakan sistem pakar dengan metode forward chaining. Forward chaining akan mengumpulkan gejala apa saja yang dialami oleh pengguna. Selanjutnya data tersebut akan diolah untuk mendapat kesimpulan. Diharapkan dengan adanya sistem ini dapat memberi kemudahan akses dalam diagnosa awal gangguan PTSD dan dapat segera mendapatkan penanganan. Metode pengembagan yang digunakan adalah Expert System Development Life Cycle (ESDLC). Pengujian keakuratan sistem bersama pakar menunjukkan kesesuaian antara hasil pakar dan hasil sistem. Pengukuran tingkat usability didapatkan hasil sebesar 86.67% menunjukkan sistem yang dibuat berguna dalam melakukan diagnosa PTSD. Hasil uji realibilitas menggunakan cronbach alpha sebesar 0.624 yang menunjukkan instrumen pengujian yang digunakan bersifat reliabel.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Sistem Pakar, Forward Chaining, Post Traumatic Stress Disorder, Usability
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Aug 2023 07:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22425

Actions (login required)

View Item View Item