Pengukuran Kapabilitas tata kelola TI pada BKKBN menggunakan framework COBIT 2019

Gunawan, Virizky (2022) Pengukuran Kapabilitas tata kelola TI pada BKKBN menggunakan framework COBIT 2019. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

BKKBN merupakan lembaga pemerintahan yang bertugas untuk pengendalian perkembangan penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana di indonesia dan salah satu lembaga yang telah bertranformasi ke E-Government, maka dari itu dibuatlah direktorat teknologi informasi dan data di dalam BKKBN yang bertanggung jawab untuk tata kelola TI di BKKBN. Dalam penerapan tata kelola TI di BKKBN masih memiliki kelemahan dari sisi pemanfaat sumber daya asset TI, SDM, dan tata kelola management risiko, oleh sebab itu dilakukan penelitian untuk mengukur tata kelola TI di BKKBN. Pengukuran tata kelola TI menggunakan kerangka kerja COBIT 2019, COBIT 2019 merupakan pembahuruan dari COBIT 5. Di BKKBN berlandaskan dari hasil permasalahan tata kelola TI dan hasil koordinasi dengan DITEKDA maka dipilih domain yang sesuai yaitu EDM04 ­ Ensured Resource Optimization, APO07 ­ Managed Human Resource, APO12 ­ Managed Risk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara bersama perwakilan dari DITEKDA kepala koordinator pengembangan TI. Hasil dari perhitungan untuk proses EDM04 telah mencapai target yang diinginkan yaitu level 4, dan untuk APO07 belum dapat memenuhi target level yang dinginkan dan proses berhenti di level 2, untuk APO12 mendapat level 3 dan belum dapat mencapai target level yang diinginkan yaitu level 4. Agar DITEKDA BKKBN dapat naik ke level yang ditargetkan maka dibuat rekomendasi pebaikan dan rekomendasi kenaikan level yang berguna untuk DITEKDA BKKBN memperbaiki kendala temuan masalah agar mencapai level target yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: BKKBN DITEKDA, COBIT 2019, Tata kelola Teknologi Informasi.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:55
Last Modified: 07 Aug 2023 05:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22445

Actions (login required)

View Item View Item