Liputan Khusus Audio ReportingPodcast Patah Jiwa juga Butuh Obat

Ethania, Clarissa (2022) Liputan Khusus Audio ReportingPodcast Patah Jiwa juga Butuh Obat. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)

Abstract

Kehadiran podcast menjadi bentuk kebaruan dari radio. Podcast yang dapat didengarkan kapan saja dan di mana saja mempermudah para pendengarnya dalam mendapatkan sebuah informasi, tanpa harus menunggu jadwal tertentu. Selain itu, penyajian podcast yang menarik dan memiliki banyak pilihan topik, membuat podcast semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Podcast juga dapat digunakan sebagai sarana edukasi, salah satunya mengenai kesehatan mental. Isu kesehatan mental di Indonesia hingga saat ini masih menjadi masalah yang perlu diperhatikan oleh semua orang. Berdasarkan data yang didapatkan dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) menunjukkan bahwa masalah kesehatan mental di Indonesia semakin meningkat. Gangguan mental seperti depresi, bahkan menjadi salah gangguan dengan tingginya penderita yang memilih untuk melakukan bunuh diri atau self-harm. Oleh karena itu, diperlukan adanya edukasi dan pemahaman akan kesehatan mental, dengan memberikan contoh nyata dari para penyintas. Pembuatan karya berbentuk audio reporting ini menceritakan kisah pengalaman dari narasumber selama mengalami masalah ganguan mental, diantaranya depresi dan borderline personality disorder. Karya ini juga menyertakan penjelasan dari narasumber ahli mengenai kesehatan mental. Liputan ini berbentuk Feature Audio Reporting dengan mengumpulkan data di lapangan. Proses liputan dilakukan dengan dua teknik, yaitu secara langsung dan secara daring. Berdurasi 1 jam 08 detik, podcast dengan judul Patah Jiwa Juga Butuh Obat dibuat melalui tiga tahapan yaitu praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Podcast Patah Jiwa Juga Butuh Obat bisa didengarkan melalui Spotify dan Anchor.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: feature, kesehatan mental, podcast Klaster: Audio Reporting Based
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:58
Last Modified: 15 Jun 2023 03:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22460

Actions (login required)

View Item View Item