Mahalnya Air Mengancam Jakarta Tenggelam

Lionel, Refano (2022) Mahalnya Air Mengancam Jakarta Tenggelam. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)

Abstract

Wilayah pesisir Jakarta Utara setiap tahunnya mengalami penurunan permukaan tanah hingga 18,2cm setiap tahunnya, sehingga menyebabkan permukaan tanah di daerah tersebut tidak stabil. Alasan pesisir Jakarta Utara mengalami penurunan permukaan tanah karena sebagian besar wilayah di pesisir Jakarta Utara belum terhubung dengan pipanisasi air bersih milik Perusahaan Air Minum yang dikelola oleh PT Palyja dan PT Aetra, sehingga mereka dipaksa untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli air bersih. Di wilayah pesisir Jakarta mayoritas air bersih dijual secara pikulan, satu pikul air berisikan dua dirigen dengan kapasitas 40 liter air. Badan UNESCO pada 2002 telah menetapkan hak dasar manusia atas air yaitu sebesar 60 liter/orang/hari. Mayoritas masyarakat di pesisir Jakarta membutuhkan enam hingga tujuh pikul air per hari dengan biaya pengeluaran mencapai Rp 35.000, jika dikalikan dalam satu bulan mereka mengeluarkan biaya hingga Rp 1.000.000. Mayoritas masyarakat di pesisir Jakarta memilih menghemat dengan melakukan ekstraksi air dari dalam tanah yang mengancam turunnya permukaan tanah. Oleh karena itu, pipanisasi air bersih adalah solusi untuk mengatasi mahalnya harga air bersih di wilayah pesisir Jakarta dan untuk mengatasi penurunan permukaan tanah akibat ekstraksi air dari dalam tanah. Pada 2023 PT Palyja dan PT Aetra resmi berakhir dalam mengelola pipanisasi air bersih di wilayah Jakarta, dan seluruh akses pipanisasi air bersih akan dikelola oleh pemerintah Jakarta melalui PAM Jaya. Video ini menggunakan konsep in-depth reporting pada proses peliputannya. ini diunggah melalui platform Youtube dengan durasi 40 menit 15 detik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ekstraksi air dalam tanah, penurunan tanah, mahalnya air bersih. Cluster : Reporting based (video dokumenter)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:58
Last Modified: 17 Jun 2023 05:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22464

Actions (login required)

View Item View Item