Ng, Ricky (2022) Pembuatan Aplikasi Chatbot Berbasis Web Menggunakan Dialogflow dengan Integrasi Dialogflow Messenger pada Situs Journal of Multidisciplinary Issues. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (824kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (454kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (175kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
Abstract
Chatbot merupakan salah satu penerapan dari Kecerdasan Buatan yang dapat menggantikan manusia dalam melakukan obrolan percakapan dan menyediakan layanan informasi kepada pengguna atau pengunjungnya. Chatbot secara umumnya dapat berinteraksi melalui pesan teks, suara, gambar dan lainnya. Tren Chatbot semakin naik dari tahun ke tahun dikarenakan adanya berbagai situs layanan penyedia Chatbot seperti Google Dialogflow, Azure Bot, Amazon Lex, dan lainnya. Pada penelitian ini telah dilakukan pembangunan aplikasi Chatbot berbasis web untuk situs jurnal bernama Journal of Multidisciplinary Issues dengan tujuan agar pengelola situs tidak perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung yang sama berulang kalinya. Aplikasi Chatbot dibangun berdasarkan metode Rapid Application Development yang terdiri dari berbagai tahapan mulai dari perencanaan, perancangan dan desain, pembangunan sistem, implementasi, dan pengujian. Aplikasi Chatbot dikembangkan menggunakan layanan Google Dialogflow dengan metode Natural Language Processing serta fitur integrasi bernama Dialogflow Messenger yang mampu menyediakan berbagai macam tipe respon jawaban pada situs jurnal yang menggunakan Open Journal Systems. Aplikasi Chatbot diuji menggunakan metode Alpha dan Closed Beta Testing yang memberikan hasil bahwa Chatbot mampu memberikan respon jawaban yang sesuai setelah diuji dengan beberapa skenario pertanyaan serta skor 85,25% dalam pengujian dengan kuesioner untuk melihat perspektif pengunjung terhadap aplikasi Chatbot yang telah dibuat. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengintegrasikan Chatbot dengan media sosial seperti Facebook, WhatsApp, ataupun LINE.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Chatbot, Dialogflow Messenger, Google Dialogflow, Rapid Application Development, situs jurnal. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 06:58 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 02:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22465 |
Actions (login required)
View Item |