Christilia, Grace Virna (2022) Customer Churn Analysis pada Flash Coffee App Wilayah Singapura Menggunakan Logistic Regression, dan K-Means. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (729kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (253kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
Abstract
Flash Coffee adalah jaringan outlet kopi berkonsep teknologi yang menawarkan pengalaman menikmati kopi yang berbeda. Flash Coffee menawarkan kopi premium dengan harga yang terjangkau. Dari segi bisnis, tentunya Flash Coffee ingin terus berkembang dan meningkatkan jumlah penjualan seiring dengan berjalannya waktu. Maka dari itu terdapat beberapa aspek yang harus dipenuhi dalam rangka mewujudkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga pelanggan akan terus membeli produk dan menjadi pelanggan setia Flash Coffee. Tingkat kepuasan pelanggan dapat dioptimalkan melalui Customer Relationship Management. Dalam mewujudkan strategi yang tepat dan efisien untuk meningkatkan loyalitas pelanggan serta mengurangi hilangnya pelanggan, teknologi analisis prediksi menjadi kunci untuk masalah tersebut. Pada penelitian ini akan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi adanya churn pada customer dari segi aplikasi dan mencari pola tertentu yang dapat melakukan klasifikasi customer churn dikemudian hari dengan menggunakan algoritma Random Forest dan Logistic Regression. Dalam analisis prediksi akan menggunakan data customer yang telah melakukan registrasi melalui aplikasi dan berwilayah di Singapura, data tersebut akan diolah dan diproses untuk pembuatan model machine learning menggunakan algoritma clustering yaitu K- Means. Pola yang terbentuk dari data yang ada akan menjadi acuan dalam membentuk strategi baru yang dapat mencegah dan mengurangi adanya churn dari segi aplikasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Churn, Analisis Prediksi, K-Means, Random Forest, Logistic Regression, Customer Relationship Management, RFM |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 641 Food and Drink 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:02 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 06:23 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22480 |
Actions (login required)
View Item |