Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop dengan Metode Analytical Hierarchy Process dan Weighted Product

Andreejan Susanto, Kevin (2022) Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop dengan Metode Analytical Hierarchy Process dan Weighted Product. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang Laptop merupakan salah satu media penunjang pekerjaan sehari-hari. Laptop diminati karena ukurannya kecil, mudah dibawa, dan memiliki fungsi yang sama dengan komputer pribadi (PC). Konsumen menghadapi banyak sekali kriteria yang mempengaruhi pilihan laptop, seperti harga, kebutuhan, jenis laptop, dan spesifikasi. Oleh karena itu, dibuatlah sistem pendukung keputusan untuk membantu konsumen dalam memilih laptop dengan menampilkan hasil yang diurutkan berdasarkan nilai perbandingan. Pembangunan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Weighted Product (WP). Metode AHP dan WP merupakan metode dalam sistem pendukung keputusan. Metode AHP digunakan untuk melakukan pembobotan dan metode WP digunakan untuk melakukan perangkingan pada sistem pendukung keputusan pemilihan laptop. algoritma Metode AHP dan WP telah diuji secara manual dan sistem mengeluarkan hasil yang sama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa algoritma perhitungan yang digunakan pada sistem ini sudah layak dan benar.Berdasarkan nilai rata-rata dari masing-masing kriteria pada Usefulness, Satisfaction, Ease of use (USE) Questionnaire, didapatkan nilai rata-rata kelayakan sebesar 93%, maka didapatkan kesimpulan bahwa sistem diterima dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analytical Hierarchy Process, Laptop, Sistem Pendukung Keputusan, USE Questionaire, Weighted Product
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 003 Systems (Computer Modeling and Simulation)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:05
Last Modified: 22 Aug 2023 02:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22496

Actions (login required)

View Item View Item