Reportase Mendalam Terkait Kehidupan Kabupaten Teluk Bintuni melalui Pembuatan Video Dokumenter “Rumah Torang”

Frizki Alfian, Muhammad (2022) Reportase Mendalam Terkait Kehidupan Kabupaten Teluk Bintuni melalui Pembuatan Video Dokumenter “Rumah Torang”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Teluk Bintuni merupakan wilayah yang terletak di Papua Barat dan menjadi salah satu Kabupaten terkaya di Indonesia karena terdapat berbagai macam sumber daya alam yang melimpah. Meskipun menjadi wilayah kabupaten terkaya se-Indonesia karena menghasilkan sumber daya alam yang melimpah, persoalan tentang penyalahgunaan sumber daya alam masih terjadi, seperti eksploitasi dan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan di Teluk Bintuni, hal tersebut tentunya berdampak pada ketidakseimbangan ekosistem lingkungan. Angka kemiskinan juga masih menjadi persoalan. Data tahun 2020 menunjukkan sebanyak 19,22 ribu angka kemiskinan dari total 87 ribu penduduk yang ada di Teluk Bintuni. Di balik permasalahan tersebut, terdapat berbagai potensi yang ada di Teluk Bintuni, seperti kekayaan alam, kebudayaan, dan potensi wisata. Namun, minimnya informasi tentang Teluk Bintuni masih menjadi permasalahan, karena media nasional saat ini cenderung tidak mengekspos secara mendalam daerah- daerah di luar ibukota. Oleh karena itu, penulis akan membuat karya jurnalistik berbentuk laporan dokumenter dan dikemas dalam dua episode secara mendalam, yang ditunjukkan untuk memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia terutama generasi Y dan generasi Z tentang kehidupan sosial, ekonomi, kebudayaan, dan potensi kekayaan alam yang terdapat di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni. Selain itu, dengan menggunakan prinsip jurnalisme positif, diharapkan karya ini dapat membantu pemerintah dalam menangani persoalan yang ada di Teluk Bintuni.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Suku Sebyar, Teluk Bintuni, Dokumenter, Sumber Daya Alam
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing > 070.18 Documentary Films, Educational Films
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:06
Last Modified: 15 Jun 2023 08:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22503

Actions (login required)

View Item View Item