Rancang Bangun Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Pernapasan Menggunakan Metode Certainty Factor

Jhondry, Michael (2022) Rancang Bangun Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Pernapasan Menggunakan Metode Certainty Factor. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (902kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penyakit saluran pernapasan merupakan suatu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat yang khususnya tinggal di daerah perkotaan, penyakit saluran perna- pasan sendiri adalah penyakit yang yang menyerang sistem organ pernapasan pada manusia. Banyak dari masyarakat sekarang menganggap gejala seperti sesak na- pas, batuk, dan lainnya tersebut sebagai gejala yang biasa saja, tetapi sebenarnya gejala tersebut bisa saja menimbulkan penyakit yang serius jika tidak cepat ditan- gani. Maka dari itu dibuatlah suatu sistem pakar yang dapat membantu masyarakat banyak untuk mampu mendiagnosa penyakit pernapasan sejak dini yang dapat di- lakukan secara mandiri dan juga mempercepat diagnosa penyakit pernapasan dan mencegah hal yang lebih buruk dikemudian hari. Sistem Pakar ini menggunakan metode Certainty Factor karena cocok dalam mengidentifikasi suatu penyakit yang dialami oleh manusia dan hasil dari penerapan metode ini yakni dalam bentuk persentase, kemudian metode ini juga mendefinisikan suatu ukuran kepastian suatu pakar terhadap fakta atau aturan untuk menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap gejala yang diderita. Implementasi dilakukan dengan menggunakan su- atu perangkat lunak dengan PHP sebagai bahasa pemrograman, MySQL sebagai database, dan sistem berbasis website. Hasil penelitian yang telah dilakukan me- nunjukkan keseluruhan sistem telah berhasil dibangun dan berjalan sesuai dengan perancangan yang telah dilakukan dan dapat menampilkan hasil diagnosa berupa ni- lai kepercayaan, penyakit yang dialami, serta pengertian singkat mengenai penyakit tersebut. Hasil implementasi tambahan dilakukan suatu evaluasi akhir oleh peng- guna dan dapat diterima dengan baik berdasarkan pengukuran yang dilakukan de- ngan menggunakan metode Technology Acceptance Model dan diperoleh hasil sebe- sar 89.21%, hal ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dapat mendiagnosa penyakit pernapasan dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Penyakit Pernapasan, Sistem Pakar, Certainty Factor, PHP, MySQL Website
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:08
Last Modified: 09 Aug 2023 00:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22514

Actions (login required)

View Item View Item