Aisyah Putri, Medita (2022) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Women Entrepreneurial Intention di Area Tangerang dan Tangerang Selatan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (974kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (156kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Kewirausahaan memegang peranan penting dalam perekonomian. Kontribusi UMKM terhadap PDB nasional adalah 61,07%. Tidak hanya jumlah wirausahawan secara umum yang meningkat, dari sisi gender, jumlah wirausahawan wanita di Indonesia pun bertambah. Dari sekian banyak pelaku UMKM, 37 juta adalah perempuan. Walaupun perempuan membangkitkan perekonomian, tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang diukur melalui indikator pendidikan, kesehatan dan ekonomi perempuan masih di bawah laki-laki. Cara untuk menangani permasalahan tersebut dalam hal ini entrepreneurial intention berperan penting dalam meningkatkan niat berwirausaha perempuan di area Tangerang dan Tangerang Selatan. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online lewat google form. Target sampel yang digunakan adalah 207 responden. Pengambilan sampel juga dilakukan dengan non- probability sampling dengan judgemental sampling dengan kriteria perempuan yang berumur 18-36 tahun berdomisili di area Tangerang dan Tangerang Selatan. Pengujian ini diolah dengan menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empowerment, subjective norms memiliki pengaruh positif terhadap women entrepreneurial intention. Selain itu, financial literacy memiliki pengaruh positif terhadap self-efficacy dan subjective norms memiliki pengaruh positif terhadap attitude towards risk taking. Kesimpulan dari penelitian ini adalah women entrepreneurial intention dipengaruhi oleh empowerment dan subjective norms sehingga dapat meningkatkan niat kewirausahaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | women entrepreneurial intention, self-efficacy, empowerment, financial literacy, attitude towards risk taking, subjective norms. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:10 |
Last Modified: | 02 Jun 2023 02:27 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22525 |
Actions (login required)
View Item |