StrategI Komunikasi Pemasaran Pariwisata Jatiluhur Valley and Resort pada Masa Pandemi

Asmi Alhaqi, Fauziah (2022) StrategI Komunikasi Pemasaran Pariwisata Jatiluhur Valley and Resort pada Masa Pandemi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sektor pariwisata merupakan sektor potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan pemerintah, masyarakat maupun swasta. Munculnya pandemi COVID-19 yang mengakibatkan banyak pemangku usaha, dan pengelola wisata ditutup sementara. Pandemi COVID-19 merupakan wabah penyakit yang mengakibatkan perusahaan tutup sementara. Penurunan dan kenaikan yang dialami oleh pariwisata harus mencari cara untuk mempertahankan eksistensi dan pendapatan wisata. Jatiluhur Valley and Resort merupakan pariwisata milik Perum Jasa Tirta II yang berada di Purwakarta, mengalami penurunan dan kenaikan selama masa pandemi. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus ini membahas bagaimana implementasi dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran pariwisata dan juga faktor pendukung dan penghambat bagi Jatiluhur Valley and Resort pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi pemasaran pariwisata yang digunakan oleh Jatiluhur Valley and Resort merupakan langkah awal untuk mempertahankan eksistensi dan sekaligus mempromosikan kawasan wisata melalui beberapa aktivitas strategi komunikasi pemasaran seperti personal selling, direct marketing, sales promotion, advertising, internet marketing dan word of mouth. Komunikasi pemasarannya dikelola dengan atraksi, amenitas dan aksesibilitas. Jatiluhur Valley and Resort seterusnya memfokuskan kepada penerapan strategi komunikasi pemasaran pariwisata pasca pandemi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi Pemasaran Pariwisata, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Jatiluhur Valley dan Resort
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:11
Last Modified: 15 Apr 2023 05:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22527

Actions (login required)

View Item View Item