Pengaruh Persepsi Risiko, Ketertarikan Berita, Konsumsi Berita, News Fatigue, News Avoidance, dan Gender terhadap Intensi Berbagi Berita Covid-19 pada Masyarakat Jabodetabek

Wulandari, Puspita (2022) Pengaruh Persepsi Risiko, Ketertarikan Berita, Konsumsi Berita, News Fatigue, News Avoidance, dan Gender terhadap Intensi Berbagi Berita Covid-19 pada Masyarakat Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung memungkinkan terciptanya persepsi risiko terkait Covid-19 pada masyarakat. Krisis kesehatan Covid-19 juga dapat menjadi salah satu faktor meningkatnya kebutuhan informasi pada masyarakat. Namun, berita Covid-19 memiliki sentimen positif dan negatif yang bila dikonsumsi berlebihan memungkinkan timbulnya fenomena news fatigue dan news avoidance. Tidak menutup kemungkinan, persepsi risiko Covid-19 dan fenomena news fatigue pada masyarakat dapat memengaruhi motif dan tujuan dalam mengonsumsi dan membagikan berita terkait pandemi Covid-19 kepada orang lain melalui media sosial. Konsep gender dan konsumsi berita juga menjadi perhatian dalam riset ini karena masih ditemukannya kesenjangan gender dalam konsumsi berita pada beberapa penelitian terdahulu. Berangkat dari masalah tersebut, melalui riset ini peneliti ingin melihat pengaruh persepsi risiko Covid-19, news interest, news consumption, news fatigue, news avoidance, dan faktor gender terhadap intensi berbagi berita pandemi pada masyarakat Jabodetabek berusia 20-39 tahun. Penelitian kuantitatif dengan metode survei ini menggunakan teori uses and gratifications untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pada masyarakat Jabodetabek dalam mengakses dan mengonsumsi berita pandemi Covid-19. Lalu, teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan pada kategori sedang dari persepsi risiko Covid-19, news interest, news consumption, news fatigue, news avoidance, dan gender terhadap intensi berbagi berita Covid-19. Pada regresi linear berganda, keenam variabel independen secara simultan juga memberikan pengaruh pada level sedang (34,1%) terhadap intensi berbagi berita Covid-19, yang sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Intensi berbagi berita Covid-19 yang memiliki nilai positif (8,199) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang searah antara keenam variabel independen dengan variabel dependen. Data tersebut membuktikan bahwa intensi berbagi berita terkait Covid- 19 pada seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: berita pandemi Covid-19, gender dan konsumsi berita, news fatigue, berbagi berita, media sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics > 178 Ethics of consumption
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status) > 305.3 Gender Groups
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:12
Last Modified: 21 Jun 2023 03:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22537

Actions (login required)

View Item View Item