Representasi Androgini dalam Iklan Instagram Emily and Bear

Ribka Tatyana, Stephanie (2022) Representasi Androgini dalam Iklan Instagram Emily and Bear. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Iklan digunakan sebagai alat persuasi dan menyebarkan pesan. Dengan iklan, brand Emily and Bear tidak hanya mempersuasi untuk membeli produk dan menekankan produk Air fryer saja melainkan iklan ini terkandung sebuah makna tentang androgini. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan representasi androgini yang ada dalam iklan Emilly and Bear. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan menggunakan semiotika dari Roland Barthes yang menjadi teknik analisis data, lalu menggunakan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data. Penelitian ini di analisis menggunakan lima kunci Roland Barthes yang memiliki tahapan denotasi (kajian sintagmatik) serta konotasi (kajian paradigmatik). Dalam tahapan kedua atau konotasi, digunakan lima kode semiotika Roland Barthes, yang bertujuan untuk menemukan mitos yang terkandung dalam iklan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika terdapat unsur androgini dalam iklan Emily and Bear versi Air fryer ini yang direpresentasikan melalui gestur, raut wajah, serta penggunaan busana dalam iklan. Melalui iklan ini juga ditunjukkan jika sudah ada masyarakat yang mengetahui eksistensi dari androgini di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Androgini, Representasi, Gender, Iklan, Semiotika Roland Barthes
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:14
Last Modified: 04 May 2023 08:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22547

Actions (login required)

View Item View Item