Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Engagement pada Instagram @menantea.toko

Sabrina Ryo Simanungkalit, Andrea (2022) Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Engagement pada Instagram @menantea.toko. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Bisnis kuliner saat ini memiliki daya tarik yang cukup kuat di Indonesia, didukung dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang gemar mengikuti tren. Maka dari itu, untuk bertahan dan bersaing para pelaku bisnis di bidang ini tak hanya fokus menciptakan inovasi namun juga berusaha membangun engagement dengan konsumen melalui social media. Menantea menjadi salah satu bisnis kuliner baru yang secara aktif menggunakan social media marketing pada Instagram. Aktivitas social media marketing Menantea kerap mendapatkan tanggapan positif dari para followers. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari social media marketing terhadap customer engagement pada Instagram @menantea.toko dan seberapa besar pengaruhnya tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini merupakan followers akun Instagram @menantea.toko dengan pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak 250 responden yang didasari oleh pedoman ukuran sampel Maholtra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel social media marketing (X) terhadap variabel customer engagement (Y) dengan persentase sebesar 71,7 persen. Sementara, 26,6 persen lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Dimensi pada variabel X yang memiliki pengaruh paling besar adalah dimensi communication sebesar 62,9 persen dan dimensi yang memiliki pengaruh paling kecil adalah dimensi collaboration sebesar 0,7 persen.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Instagram, Keterlibatan Pelanggan, Menantea, Pemasaran Media Sosial
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:16
Last Modified: 09 May 2023 01:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22555

Actions (login required)

View Item View Item