Resepsi Pendengar Remaja Podcast Asumsi Bersuara terhadap Berita Vaksinasi Covid-19

Tevin Heikal, Ahmad (2022) Resepsi Pendengar Remaja Podcast Asumsi Bersuara terhadap Berita Vaksinasi Covid-19. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Podcast adalah salah satu cara yang mudah untuk podcaster dalam membagikan informasi dan hiburan ke berbagai pendengar, sementara bagi pendengar podcast adalah sarana untuk mendapatkan informasi serta hiburan ke berbagai penjuru dunia. Dalam pemberitaan vaksinasi, penyedia podcast dapat membantu khalayak untuk terinformasikan secara faktual. Podcast dapat menjadi salah satu alat pemberi informasi yang dapat meluruskan permasalahan hoaks. Hal ini didasari karena podcast memiliki sebuah perbedaan dengan berita siaran lainnya karena platform ini memberikan pengalaman dan kontrol yang lebih intim kepada pendengarnya. Khalayak remaja adalah salah satu generasi yang mendominasi jumlah pendengar podcast di Indonesia. Asumsi Bersuara sebagai penyedia podcast memberikan informasi kepada masyarakat dengan mengundang narasumber ahli. Tetapi apakah makna yang ingin disampaikan oleh Asumsi Bersuara akan dengan jelas dimaknai khalayak. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui posisi pemaknaan dari khalayak menggunakan teori encoding-decoding Stuart Hall dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan focus group discussion dan menggunakan satu episode dalam podcast Asumsi Bersuara. Peneliti merujuk teori Stuart Hall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketika memaknai satu episode di Asumsi Bersuara, empat informan menyetujui pesan tersebut, dan dua orang tak begitu menyetujui pesan tersebut. Sehingga kesimpulannya, khalayak mayoritas setuju dengan isi pesan dalam podcast Asumsi Bersuara.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Asumsi Bersuara, berita vaksin Covid-19, remaja, teori resepsi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:17
Last Modified: 21 Jun 2023 01:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22559

Actions (login required)

View Item View Item