Pengaruh Social Entrepreneurship Attitude, Subjective Norms dan Perceived Behavioral Control terhadap Social Entrepreneurial Intention pada Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara

Muhammad Hafizh, Kemal (2022) Pengaruh Social Entrepreneurship Attitude, Subjective Norms dan Perceived Behavioral Control terhadap Social Entrepreneurial Intention pada Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Banyak para tenaga kerja yang terkena dampak dari pandemic yang membuat dirinya menjadi pengangguran. Perekonomian Indonesia menurun dan meningkatnya angka pengangguran. Minat kewirausahaan pada masyarakat Indonesia masih kurang sehingga menempati urutan ke 94 dari 137 negara berdasarkan hasil dari Global Entrepreneurship Index (GEI) tahun 2018. Potensi wirausaha bagi generasi milenial di Indonesia belum dapat dikelola dengan baik. Pendorong pertumbuhan kewirausahaan di suatu negara terletak pada peranan universitas. Indonesia terdapat pendidikan yang mengedepankan kewirausahaan sosial yang telah diusung pada konsep "Merdeka Belajar" yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kemampuan yang dimiliki merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan minat berwirausaha sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan secara online yang menggunakan platform GoogleForm. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non- probability sampling dengan teknik purposive sampling jenis judgment sampling dengan kriteria mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Pengujian dioleh dengan perangkat lunak IBM SPSS Statistic versi 26 untuk pre-test dengan jumlah sampel 42 dan SmartPLS versi 3.2.9 untuk main-test dengan sampel sebanyak 125. Hasil dari penelitian ini menunjukan social entrepreneurship attitude tidak berpengaruh positif terhadap social entrepreneurial intention. Subjective norms dan perceived behavioral control berpengaruh postitif terhadap social entrepreneurial intention. Selain itu, subjective norms berpengaruh positif pada social entrepreneurship attitude dan perceived behavioral control. Simpulan dari penelitian ini bahwa lingkungan sekitar dan keterampilan dapat mendorong minat kewirausahaan sosial pada mahasiswa UMN.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: social entrepreneurship attitude, subjective norms, perceived behavioral control, social entrepreneurial intention.
Subjects: 200 Religion > 260 Social and ecclesiastical theology > 261 Social theology and interreligious relations and attitudes
300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.04 Entrepreneurship
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:17
Last Modified: 27 Jun 2023 07:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/22560

Actions (login required)

View Item View Item